Kamis, 26 Mei 2016

LONTONG MIE NY. MARIA

 
Kalo ke Pasar Atom tuh, kitanya kudu makan makanan yang jarang ada di tempat lain. Lha masa jauh-jauh ke Pasar Atom tapi makannya KFC? Apa kata dunia, haha!
Dan salah satu makanan yang kudu diicip saat ke Pasar Atom adalah yang satu ini,Lontong Mie Ny. Marlia! Lokasinya mudah ditemukan, di pojokan lantai 2, tepatnya di Pasar Atom Lantai 2 Tahap 1/ 2190B, Jalan Bunguran 45, Surabaya:
Dan tempat makannya sering sekali dalam keadaan penuh walaupun diluar jam makan! Tuh foto aku ambil sekitar jam 3 sore dan masih ada yang kruntelan makan (termasuk aku, hehe). Dapurnya pun termasuk bersih untuk ukuran Pasar Atom yang kadang rada ‘horror’, wkwkwk..
Menu ditempat ini hanya ada 2 macam saja: lontong mie biasa dan lontong mie spesial yang pakai kikil. Nah, aku memesan versi spesialnya! Dan inilah, penampakannya:
Pertama-tama, ada lontong yang sudah dipotong-potong. Lontong ini ditempatkan sebagai pondasi *halah* makanan. Diatasnya, ada irisan tahu goreng dan kemudian mie, juga taoge rebus, juga udang goreng. Kemudian semuanya disiram dengan kuah kecoklatan.
Nah, karena aku memesan versi spesialnya, nampanglah beberapa potong kikil yang menggoda itu *lap iler*,
 hohoho.. Dan sebagai pamungkas, ditaburkanlah bawang goreng:
Nih makanan seger banget rasanya, kecambahnya renyah, udangnya juga kriuk-kriuk gurih, bikin balance lontong dan tahu yang rasanya emang cenderung hambar. Apalagi kalo kemudian kita tambahkan petis udang dan sambal pada kuahnya:
Kuah pun menjadi lebih gelap dan pedas. Rasanya pun lebih ‘kuat’. Kalo engga terbiasa dengan petis, lebih baik di skip saja. Tapi kalo menurutku sih, ada baiknya diicip bedanya kuah dengan dan tanpa petis, deh. Lebih banyak kita mengenal rasa tuh lebih baik!
 

Oya, jangan kaget kalo tak lama setelah kalian datang, seorang pelayan langsung menaruh sepiring penuh ‘snack’ yang khas banget (tanpa aba-aba, haha):
Ada dadar jagung, lentho (sejenis ubi goreng) dan sate kerang. Nah, ketiganya ini adalah kawan makan lontong mie yang bersifat optional. Aku biasanya menambahkan lentho dan sate kerangnya, dengan catatan: badan lagi fit. Bodi sudah menua nih, kalo engga lagi fit trus makan kerang/ sembarangan udang biasanya bisa bikin gatal.
Sepiring kecil  ‘saus’ sate kerang disajikan terpisah:
Dan kalo udah ketemu kerang gini, paling jempolan kalo minumnya adalah es kelapa muda! Hohoho..

sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar