Rabu, 11 Mei 2016

TAHU TELOR PAK JAYEN

Kuliner yang ada di Surabaya memang cukup banyak jenisnya, mulai dari yang harga mahasiswa sampai maha…lnya gak karuan. Untuk yang makanan khas, mungkin tahu telor salah satunya. Sebenarnya saya agak bingung dengan perbedaan tahu telor dan tahu tek di Surabaya ini. Tapi kata temen sih beda, yang satu isinya ada tahu sama telur, sedangkan satu lagi isinya telur yang ada tahunya. Gimana, udah tau kan bedanya? (biar makin bingung)
Dari sekian banyaknya tempat makan tahu telor di Surabaya, salah satu yang cukup dikenal oleh warga Surabaya adalah Tahu Telor Pak Jayen. Enggak cuma dari kalangan mahasiswa saja, banyak juga masyarakat dari berbagai kalangan, pejabat sampai wisatawan yang menyempatkan diri untuk mencicipi kuliner Surabaya yang satu ini. Jadi jangan heran kalau berkunjung ke lokasi, kamu bisa saja harus bersabar untuk mendapatkan meja sendiri.
Tahu Telor Pak Jayen Surabaya
Begitu datang ke Tahu Telor Pak Jayen ini, kita akan ditanyakan mau pesan berapa dan cabainya berapa. Saya sendiri selalu mengorder pesanan yang sama, tahu telor dengan cabai 5 saja biar enggak terlalu pedas. Kalau lagi malas makan lontong, saya biasanya memesan custom tanpa lontong dan minta ditambah kentang saja. Belakangan, saya juga menambah pesanan saya menjadi makin ribet dengan minta kerupuknya dipisah. Ini salah satu keunggulan Tahu Telor Pak Jayen Surabaya, kita bisa memesan sesuai selera. Ketika saya mendapat meja dekat pelayan, saya sering mendengar pesanan yang aneh-aneh. Mulai dari enggak pakai kentang, enggak pakai toge, sampai ada yang enggak pakai petis. Lah terus bumbunya apa itu nanti?
Pelayanan di sini terbilang cukup cepat meski sedang ramai. Enggak sampai 10 menit, pesanan pasti sudah tersaji hangat di hadapan kita. Saya bilang hangat karena memang telor dan tahunya seperti baru saja diangkat dari penggorengan. Selain itu, mungkin karena pelayan yang cukup banyak dengan spesialisasi masing-masing. Ada yang tukang ulek bumbu, ada yang tukang potong-potong, tukang ngegoreng sampai tukang nuangin bumbu petis dan kerupuk saja berbeda.
Kuliner Surabaya Tahu Telor Pak Jayen
Dalam satu porsi Tahu Telor Pak Jayen normal, isinya adalah tahu goreng, tahu yang digoreng bersama telor dadar, toge muda, kentang dan lontong. Semua bahan tersebut kemudian disiram dengan bumbu petis yang menggiurkan. Terakhir, piring kita akan dihidangkan dengan tampilan penuh kerupuk sampai kadang susah untuk diaduk. Karena alasan ini, sekarang saya kalau memesan minta kerupuknya dipisah saja. Dan tips untuk yang memesan dibungkus atau dibawa pulang, jangan lupa meminta bumbunya dipisah. Kalau enggak, ya mereka akan mencampur bumbunya dalam bungkusan pesanan kita itu.
Review Kuliner Tahu Telor Pak Jayen Surabaya
Untuk rasa, enggak perlu diragukan lagi deh. Bagi penggemar makanan dengan bumbu petis, Tahu Telor Pak Jayen sudah terbukti memiliki rasa yang memuaskan dengan harga yang terjangkau. Seporsi tahu telor kalau saya tidak salah harganya antara 11 ribu sampai 13 ribuan, lupa pastinya. Saya yang awalnya kurang suka makan dengan menu bumbu petis saja, mulai terbiasa dan menikmati kuliner khas Surabaya yang satu ini. Untuk minuman, setahu saya mereka hanya menyediakan minuman botolan seperti air mineral atau teh botolan.
Warung Tahu Telor Pak Jayen ini terletak di Jalan Dharmahusada Indah Raya Blok C-2. Kalau mencari saat siang, mungkin anda akan menemukan bengkel mobil. Tapi memang itu lokasinya, karena Tahu Telor Pak Jayen Surabaya ini hanya buka pada malam hari saja, mungkin mulai sekitar pukul 6 sore. Selain di lokasi tersebut, kabarnya Pak Jayen juga membuka cabang di JL Dharmahusada 112 atau di sebelah POM bensin dharmahusada dan juga di food court Pakuwon City Surabaya.
sumber : http://www.ikurniawan.com/kuliner-surabaya-tahu-telor-pak-jayen

Tidak ada komentar:

Posting Komentar