Selasa, 10 Mei 2016

NASI GORENG JANCUK

Bila anda tinggal atau pernah singgah ke kota Surabaya biasanya tidak merasa asing dengan kebiasaan masyarakat lokal yang ada kalanya mengucapkan sapaan pada temannya dengan menggunakan kata umpatan, yaitu “jancuk”.
Nah, Kata umpatan inilah yang akhirnya dijadikan menu andalan oleh Surabaya Plaza Hotel yaitu “Nasi Goreng Jancuk” dan ternyata sambutan masyarakat dan pecinta kuliner Kota Surabaya terhadap nasi goreng jancuk sangat baik.
Entah apa alasan hotel ini menjadikan jancuk sebagai nama menu nasi goreng andalan mereka, mungkin karena kata ini adalah salah satu icon kota Surabaya atau mungkin kebiasaan dari orang-orang yang sering mengumpat setelah makan nasi goreng ini.
Namun berdasarkan cerita dari pecinta kuliner kota Surabaya, konon katanya awal mula penyebutan nama nasi goreng jancuk adalah karena Chef Eko Sugeng Purwanto yang merupakan salah satu chef di Surabaya Plaza Hotel.
Pada mulanya Chef Eko membuat nasi goreng untuk para temannya, kemudian ditambahkan dengan cabe rawit dengan jumlah yang banyak.
Nah, akibatnya setelah melahap sendok pertama nasi goreng tersebut maka teman-temannya segera mengumpat “Jancuk !! pedes cak !!”
nasi goreng jancuk
Nasi goreng Jancuk yang ditawarkan oleh Surabaya Plaza Hotel ini memang punya kelebihan rasanya yang super pedas dan porsi yang sangat banyak, bahkan cukup untuk 4-5 orang untuk tiap 1 porsi yang disajikan langsung di atas penggorengan.
Sebelum menyantap nasi goreng jancuk anda akan merasakan aroma nasi goreng dan pastinya anda akan merasa tidak sabar untuk segera melahap nasi goreng jancuk.
paket nasi goreng jancuk
Untuk tiap 1 porsi nasi goreng jancuk menggunakan 20 cabe rawit (kabarnya mencapai 30 cabe rawit) serta masih dikasih tambahan sambal, bumbu rempah, dan bersiaplah untuk mandi keringat pada saat menyantap nasi goreng ini.
Pada saat pertama melahap nasi goreng ini anda akan merasakan sensasi pedas dan rasanya yang rame karena ada campuran daging udang, ayam , bumbu rempah, telur ayam, dan bawang goreng dengan tambahan krupuk udang dan acar.
Harga nasi goreng jancuk untuk 1 porsi adalah Rp 150.000,- yang terdiri dari 1 porsi nasi goreng jancuk (4-5 orang) yang disajikan langsung di atas penggorengan dan 1 pitcher es teh, cukup terjangkau jika makan nasi goreng ini bersama keluarga atau teman-teman.
Lokasi nasi goreng jancuk cukup mudah ditemukan karena letaknya berada di pusat kota Surabaya yaitu di Kartini Restoran yang ada di dalam Surabaya Plaza Hotel, Plaza Boulevard, Jalan Pemuda 31-37 – Surabaya.
Pada beberapa waktu yang lalu pihak hotel Surabaya Plaza mengadakan lomba makan gratis dimana peserta lomba harus menghabiskan 1 porsi nasi goreng jancuk.
Belum lengkap rasanya jika anda belum mencicipi Nasi Goreng Jancuk jika berkunjung ke kota Surabaya apalagi jika anda adalah salah satu dari pecinta kuliner pedas.
Karena brand nasi goreng jancuk sangat terkenal maka cukup banyak restoran, rumah makan atau bahkan pedagang kaki lima yang juga menggunakan istilah nama nasi goreng jancuk namun dijual dengan harga yang lebih murah pastinya.
Namun jika anda ingin mencicipi nasi goreng jancuk yang asli maka anda bisa berkunjung ke Kartini Restoran yang ada di Surabaya Plaza Hotel yang tempatnya tepat berada di belakang pusat perbelanjaan Delta Plaza, Sebelah kiri setelah pintu masuk Hotel Surabaya Plaza.
restoran kartini

Pilihan paket menu nasi goreng jancuk
– 1 porsi Nasi Goreng Jancuk = Rp 133.100,-
– Paket 1 porsi Nasi Goreng Jancuk + 1 pitcher es teh = Rp 150.000,
– Paket 1 porsi Nasi Goreng Jancuk + 2 pitcher es teh = Rp 190.000,

Nasi Goreng Jancuk (buka 24 jam/setiap hari)

Alamat Nasi Goreng Jancuk :
Restoran Kartini – Surabaya Plaza Hotel
Jl. Pemuda 33 – 37 Surabaya
Telepon : 031 5316833
Harga : Rp. 45.000 sampai Rp. 190.000


sumber :https://kulinerkota.wordpress.com/2015/09/02/nasi-goreng-jancuk/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar